Saturday, January 17, 2009

Langsung tunjek point,

Fakta:
- laptop thinkpad t61 model.
- 1 harddisk internal
- 1 harddisk di ultrabay adapter. (dvd-drive-nya saya copot, ganti ma hdd ultrabay adapter)
- OS terinstall: Ubuntu 8.10 64bit. terinstall di harddisk internal.
- Software Virtualisasi: Virtual Box 2.1
- OS terinstall di Virtual Box: XP sp3 (tiny XP), selanjutnya sy panggil sbg tiny_XP

masalah:
- bagaimana caranya mengakses isi harddisk di ultrabay adapter (4partisi, 3 partisi NTFS, 1 Linux) dari tiny_XP (di virtual box)??

possible solution:
- pake shared folder.
kelemahannya, hanya bisa per folder.
- pake fasilitas raw disk access.
selama mengakses sebagai data, bukan boot dari disk ultrabay, tidak ada masalah. (setidaknya yg sudah saya alami).
pilihan jatuh pada opsi ke-2.

sumber bacaan untuk step2 yg akan saya tulisakan:
- User manual dari Virtualbox, diambil disini.
- thread di http://ubuntuforums.org/archive/index.php/t-664692.html

step2 yg saya lakukan :
- membuat container untuk disk di ultrabay. (/dev/sdb)
perintah yg digunakan:
sudo VBoxManage internalcommands createrawvmdk -filename /path/to/file.vmdk -rawdisk /dev/sdb -register
- saya ubah owner dari /dev/sdb* ke username saya
perintah yg digunakan:
sudo chown my_username:disk /dev/sdb*
and done!

tambahkan container file.vmdk (ato apapun nama yg diberikan) ke Virtual machine yg diinginkan. Startup virtual machine yg sdh ditambahkan file.vmdk.
and voila!! partisi2 ntfs sdh terdeteksi oleh tiny_XP.

tuop bener virtual box.

No comments: